Blog Posts

Dasar-dasar Deskripsi dalam Blogger Blogspot

Dalam artikel ini anda akan menemukan petunjuk dasar dan membantu anda untuk mengatur dasar-dasar ini. Hal ini dapat membantu orang menemukan blog anda di mesin telusur. Anda dapat membuat orang lebih mudah menemukan blog di mesin telusur seperti Google, Bing, dan Yandex dengan cara mencantumkan blog anda di mesin telusur.
Dalam membuat website dari Blogger Blogspot ada hal terpenting untuk menambah identitas ataupun pengenalan dalam sebuah website, misalkan adalah deskripsi ataupun gambaran singkat dari pengenalan sebuah website, judul artikel atau post yang baru saja dibuat atau di unggah. Deskripsi singkat ini akan merujuk ke website yang anda miliki dan kemungkinan akan terus berkembang dimasa mendatang.
ujicode - Dasar-dasar Deskripsi dalam Blogger Blogspot
Apa saja yang perlu diperhatikan?
Pada gambar yang bertanda kotak menunjukan dimana saja anda memberikan Tag Deskripsi pada suatu blog. Secara manual anda mengatur bagian-bagian ini untuk permintaan sejumalah telusur untuk Google Search Engine. Lebih jelasnya mari lihat pembahasan dibawah ini.
Setelan - Dasar
Silahkan membuka Blogger Dasboard pada item "Setelan".
  • Dasar - Judul. Tulis judul situs / nama produk anda. Judul situs anda memudahkan mesin pencari menemukan situs anda.
  • Dasar - Deskripsi. Buatlah gambaran singkat, padat dan deskripsi yang menarik tentang nama produk anda untuk ditampilkan kepada pengunjung. Deskripsi ini maksimal 500 karakter dan menjadi perhatian khusus pada SEO di Google Search Engine.
  • Dasar - Privasi. Settinglah bahwa website anda terdaftar di Blogger dan dapat diakses mesin telusur. Hal ini memungkinkan bahwa website anda bersifat publik atau dapat diakses atau dilihat oleh semua pengguna.
  • Izin - Akses pembaca. Pilih: Umum.
  • Tag meta - Aktifkan deskripsi penelusuran. Tulis deskripsi penelusuran tentang nama produk situs anda. Bantu pengguna untuk memutuskan mengeklik blog anda pada hasil penelusuran dengan menulis ringkasan yang menarik mengenai blog atau Website anda. Buka Edit dan buatlah deskripsi yang singkat, padat dan menarik. Maksimum 150 Karakter. Contoh: Blog tentang jejaring sosial dan desain web.
Bagimana cara menambahkan Meta Deskripsi?
Sebelum membuat Tag Meta, perhatikan elemen HTML dibawah ini. Dibawah ini ada dua cara pengaturan Tag Deskripsi pada "Head", sebagai berikut:
1. Cara Pertama.
<!-- Bagian: DESCRIPTION -->
<meta expr:content='ujicode adalah Lab code Online gratis; didukung Live Editor teks, scripting HTML CSS dan JavaScript. Desain unik untuk pemrograman dan scripting yang memungkin...' name='description'/>

2. Cara Kedua.
<!-- Bagian: DESCRIPTION -->
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
Keterangan:
  1. Cara Pertama.
    Jika anda tidak menulis "Tag meta" pada item "Setelan" di Blogger Dasboard, anda dapat membuat deskripsi secara manual pada bagian utama halaman. Namun Cara kedua juga harus direkatkan pada HTML anda dengan cara memberi element khusus untuk halaman lainnya. Pilih element HTML dimana deskripsi harus diperlihatkan di halaman utama (beranda), posting dan Halaman / page.
    Halaman / page ini biasanya untuk halaman About, Contact form, Terms of Use, Privacy dan lain-lain.
  2. Cara Kedua.
    Cara Kedua melekatkan elemen deskripsi secara otomatis. Cara Kedua sudah mencakup nilai keterbacaan pada halaman utama (beranda), posting dan Halaman. Serta Meta Deskripsi tersebut sudah terbaca pada perangkat Destop dan Mobile anda. Anda dapat berkunjung kembali pada: Bagaimana cara membuat blogger template mulai dari nol?
Preferensi Penelusuran deskripsi pada bagian posting
Pada saat membuat posting dan halaman; tuliskan deskripsi yang singkat, padat dan menarik di "Deskripsi Penelusuran" di sisi kanan postingan blogger. Maksimum 150 karakter yang terkait dengan judul posting.
Setelan - Publikasi
Dalam Publikasi-Alamat Blog, biasanya anda sudah mengatur pada saat pertama membuat website dan jenis artikel yang akan anda buat nantinya. Di Setelan-Publikasi, Anda akan melihat alamat situs web pertama Anda dan dapat mengubah alamat situs web jika memungkinkan.
Setelan - HTTPS
Pengalihan HTTPS adalah pemberitahuan kepada pengunjung blog akan selalu membuka https atau sambungan yang dienkripsi. Ada 3 manfaat utama menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP untuk mengakses blog anda, misalkan sebagai berikut:
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  3. Menambahkan langkah pengamanan yang akan mempersulit orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak aktivitas mereka, atau mencuri informasinya.
Jika anda mengaktifkan pengalihan HTTPS, pengunjung akan selalu menjangkau versi terenkripsi dari blog anda, sehingga hasilnya menjadi seperti ini: https://blog-anda.blogspot.com.
Setelan - Izin
Dalam setelan-izin anda dapat melihat "Penulis Blog". Bahwa dalam pengaturan ini anda juga dapat merujuk seorang teman untuk berkontribusi artikel, deskripsi konten atau konten di website anda.
Anda dapat menambahkan "+ Tambahkan penulis" dengan menentukan alamat email. Jika permintaan penyambungan disetuji oleh teman anda, maka anda berhasil menambahkan "Penulis Blog" baru. Teman anda dapat mengelola, mengedit dan melihat dasboard anda. Teman anda juga dapat menentukan deskripsi dalam sebuah artikel untuk mudah ditemukan dimesin telusur.
Setelan - Pembaca Blog
Edit Deskripsi dalam Blogger Blogspot ke "Publik". Jika tidak diubah, blog anda terbuka untuk semua pembaca dan mencantumkan blog anda di mesin telusur.
Bagimana menyesuaikan Deskripsi Postingan?
Buka dan Edit deskripsi pada postingan baru anda. Jika anda sudah membuka halaman post entri, anda dapat memberi potongan artikel di dalam post tersebut terkait judul post. Deskripsi ini maksimal 150 karakter.
Bagimana menyesuaikan Deskripsi Kata Kunci?
Menyesuaikan Kata Kunci sama halnya dengan tips Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) untuk blog. Menambahkan kata kunci akan membantu di seluruh situs anda sehingga muncul lebih tinggi dalam hasil penelusuran. Anda dapat menggunakan kata kunci yang relevan dalam setiap judul atau halaman baru pada deskripsi di post dan laman. Anda juga dapat memberi tahu mesin telusur laman, pos, dan tautan mana yang perlu diabaikan sehingga tidak muncul di hasil penelusuran pada pengaturan "robots.txt" khusus.
<!-- Bagian: KEYWORLDS -->
<meta content='Kata Kunci 1, Kata Kunci 2, Kata Kunci 3' name='keywords'/>
Apa yang terjadi jika tidak menetapkan Deskripsi dan Kata Kunci di Blogger Blogspot?
Search Engine Google akan tetap mengindex halaman sesuai isi halaman dan mengcrowl halaman tersebut. Crawler mesin Web, kadang-kadang disebut laba-laba atau spiderbot dan sering disingkat menjadi crawler, adalah bot Internet yang sistematis menelusuri halaman web. Dengan memberikan deskripsi dan Kata Kunci halaman terkait, tentunya akan menambah Google mengindex halaman lebih relevan untuk menampilkan halaman di mesin pencari dan menyesuaikan setiap judul dan laman, serta snippet yang diambil dan diinginkan spiderbot untuk ditampilkan di mesin telusur.
Diatara kedua hal tersebut sebaiknya tidak perlu menambahkan atau merekayasa banyak duplikat ditempat lain dengan ambal-ambal yang bersifat tidak natural di mesin pencari ataupun menambah memperburuk keadaan website.
Jika masih terdapat pertanyaan atau kekurangan pada: Dasar-dasar Deskripsi dalam Blogger Blogspot. Tidak ada jaminan, tetapi semoga tutorial ini membatu. Selamat bertugas, Happy Blogging.

0 Comments